Penyebab Kanker Otak

Dalam kebanyakan kasus, kita tidak tahu apa yang menyebabkan tumor otak. Kita tahu bahwa mereka tidak menular. Anda tidak dapat mengetahui dengan pasti penyebab tumor otak namun ada beberapa faktor resiko yang perlu kita ketahui.

Usia

Secara umum, ketika kita semakin tua resiko kami meningkat tumor otak. Tapi ada berbagai jenis tumor otak dan beberapa lebih umum pada orang dewasa yang lebih muda. Secara keseluruhan, tumor otak lebih banyak didiagnosis daripada di masa lalu. Tapi ini terutama karena kita hidup lebih lama dan tumor otak lebih sering terjadi pada orang tua.

Genetik dan riwayat keluarga

5 dari setiap 100 tumor otak (5%) yang berkaitan dengan kondisi genetik yang dikenal. Jika Anda memiliki salah satu sindrom, Anda lebih mungkin untuk mendapatkan tumor otak. Ini sindrom menyebabkan sejumlah masalah medis yang berbeda dan Anda mungkin sudah tahu jika salah satu berjalan dalam keluarga Anda.

Radiasi

Dalam lingkungan kita, satu-satunya risiko yang pasti kita tahu adalah paparan radioaktif (radiasi pengion). Meningioma dan glioma ganas lebih sering terjadi pada orang yang memiliki radioterapi untuk kepala di masa lalu. Anak-anak yang memiliki radioterapi untuk kepala sebagai pengobatan untuk akut lymphoblastic leukemia (ALL) diketahui berada pada sedikit peningkatan risiko tumor otak. Risikonya adalah tertinggi jika radioterapi diberikan sebelum usia lima tahun. Teknik radioterapi modern cenderung menyebabkan tumor otak daripada gaya lama memberikan dosis tinggi tunggal. Risiko tumor otak meningkat jika obat kemoterapi beberapa disebut ‘anti-metabolit’ yang diberikan pada waktu yang sama seperti radioterapi untuk kepala. Jadi, kemoterapi dan radioterapi biasanya tidak lagi diberikan bersama-sama untuk anak-anak dengan ALL.

Kanker Sebelumnya

Wanita yang telah menderita kanker payudara memiliki sedikit peningkatan risiko memiliki glioma. Satu studi telah menunjukkan bahwa orang dengan kanker nasofaring sebelumnya memiliki peningkatan risiko tumor otak, yang mungkin karena tidak diketahui penyebab lingkungan bersama antara kanker nasofaring dan tumor otak. Satu studi telah menunjukkan bahwa orang yang memiliki melanoma memiliki sedikit peningkatan risiko tumor otak. Sebuah analisis studi menunjukkan bahwa orang yang telah menderita kanker tiroid juga memiliki peningkatan risiko.

Melemahnya Kondisi Tubuh

Orang dengan HIV atau AIDS memiliki sedikit peningkatan risiko kanker otak. Sebuah tipe yang jarang spesifik tumor otak yang disebut limfoma otak primer adalah lebih mungkin untuk mengembangkan pada orang yang sistem kekebalan tubuh tidak bekerja dengan benar karena AIDS atau obat-obatan yang diambil setelah transplantasi organ. Bahkan dalam kelompok orang, limfoma otak masih sangat jarang.

Penyebab lainnya yang mungkin

Banyak kemungkinan penyebab lain telah diselidiki, namun tidak satupun dari ini telah terbukti.

Diperkirakan bahwa hormon wanita dapat mempengaruhi perkembangan otak tumor. Tiga penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang periode dimulai sebelum usia 12 memiliki risiko sedikit lebih rendah dari glioma dibandingkan wanita yang periode dimulai setelah usia 14. Penelitian lebih lanjut diperlukan meskipun untuk mengetahui peran yang tepat dari hormon. Penggunaan jangka panjang pewarna rambut cokelat permanen sedikit meningkatkan risiko glioma dalam satu studi tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi hal ini.