Kanker Otak (Glioma) dan Gejala-gejalanya

Glioma adalah jenis tumor otak ganas yang paling umum.Para ilmuwan telah mengidentifikasi bahwa varian genetic adalah hal yang paling umum yang berkontribusi terhadap peningkatan risiko mengembangkan jenis kanker otak.
Gejala glioma tergantung pada lokasi tumor di otak, fungsi dikendalikan oleh bagian otak, dan ukuran tumor sementara tumor glioma itu sendiri menghancurkan sel-sel otak yang normal. Karena keterbatasan ruang dalam otak, tumor glioma justru menghancurkan sel-sel otak yang normal dan melepaskan neurotransmitter glutamate dalam jumlah besar. Kelebihan glutamat inilah yang menjadi racun bagi neuron dan menyebabkan kejang pada 80% penderita glioma.
Gejala pertama dari glioma adalah sering kejang atau sakit kepala
Tumor glioma cenderung menyebar dengan cepat dalam otak, menyebabkan berbagai gejala neurologis. Gejala tergantung pada lokasi tumor di otak, fungsi tubuh yang dikendalikan oleh bagian otak, dan ukuran tumor.

Gejala umum tumor otak glioma:
•Sakit kepala ringan atau berat khususnya pada pagi hari
• Kehilangan penglihatan
• Kejang
• Masalah berbicara
• Sering tidur
• ketidak stabilan atau hilangnya gerakan atau sensasi di lengan atau kaki
Gejala-gejala ini dapat terjadi secara bertahap dan memburuk dari waktu ke waktu, atau mereka dapat muncul tiba-tiba, misalnya dalam bentuk kejang.
Ingatlah bahwa tidak semua gejala yang tercantum di atas adalah khusus untuk tumor otak karena bisa pula ada penyebab lain. Jika Anda memiliki gejala yang perhatian Anda, berkonsultasilah dengan dokter. Diagnosis dini merupakan strategi kunci untuk pencegahan kanker otak.

Apa Saja Penyebab Kanker Otak?

1. Gelombang radiasi dan listrik dari ponsel dan komputer dan alat elektronik lainnya.

2. Terjadinya kanker otak berhubungan dengan kontak dengn insektisida, pelarut, pewarna dan bahan kimia lainnya.
3.Tumor otak juga dapat berkembang hanya karena trauma jaringan dan bekas luka otak. Tumor traumatis ini sebagian besar menjadi dasar kerusakan di otak. Luka eksternal otak  juga dapat merangsang kecepatan pertumbuhan kanker otak yang ada disamping.
4. Radiasi. Pemaparan radiasi jangka panjang adalah juga penyebab lain dari kanker otak.

Rincian Gejala Kanker Otak

1. Sakit kepala adalah salah satu gejala yang paling jelas dari kanker otak. Hal ini biasanya terjadi pada jam 4 atau 5 pagi ketika pasien sedang terlelap tidur. Pasien sering terbangun karena sakit kepala yang sangat berat, dengan tidur yang lebih lama, sakit kepala bisa bertambah parah.  Sakit kepala menghilang bertahap pada jam 8 atau 9:00 atau setelah bangun.

2.Muntah-muntah. Dibandingkan dengan muntah yang disebabkan oleh penyakit lambung, muntah yang terjadi pada kanker otak biasanya tidak menunjukkan gejala seperti sakit perut atau perut kaku, mual atau diare. Selain itu, muntah tidak berhubungan dengan konsumsi makanan karena muntahan tersebut hanya merupakan muntahan karena sakit kepala tiba-tiba, yang disebabkan oleh tekanan intrakranial yang meningkat dan merangsang pusat muntah medula.

Selain gejala itu, ada pula perasaan tiba-tiba berkedut, exophthalmos tunggal, tuli di satu telinga, hemiplegia, penurunan fungsi mata, diplopia, kesulitan menelan dan mempertahankan keseimbangan tubuh dan juga pusing.